E-LEARNING IMPLEMENTATION PLAN/RPP 2020

 

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN DARING(RPPD)

Sekolah                       : SMA BUDI UTOMO PERAK

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris (LM)

Kelas/semester           : XII / Ganjil

Materi Pokok             : Teks interaksi transaksional; hubungan pertentangan dan kebalikan

Alokasi Waktu           : 4 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

 

A.    Kompetensi Dasar

3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however, on the other hand, in contrast, nevertheless)

4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

B.     Tujuan Pembelajaran.

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta diharapkan dapat;

1.      Mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

2.      Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan tindakan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

3.      Membuat kalimat tindakan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

C.    Media/Alat, Bahan Dan Sumber Belajar.

1.      Media                    : Google Meet, Google Classroom, Youtube, Worksheet Lembar Kerja Siswa,Lembar Penilaian.

2.      Alat/Bahan            : Jaringan Internet, Smartphone, Alat Tulis.

3.      Sumber Belajar      : Internet, Youtube, Ebook Bahasa Inggris.

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran.

1.      Kegiatan Pendahuluan.

-          Menyampaikan pengumuman akan adanya E-Learning di grup KBM di whats app

Di link sebagai berikut : https://chat.whatsapp.com/EsS8gqjrQJi5XAsRLkt7qa

-          Pembukaan dengan salam, berdoa untuk memulai pelajaran, dan guru memeriksa kehadiran peserta didik. Di google classroom di link sebagai berikut: https://classroom.google.com/c/MTE4OTUwOTIyNDAw?cjc=feuxi2w

-          Menyampaikan metode, motivasi, materi, kompetensi, tujuan pembejaran yang akan ditempu peserta didik

2.      Kegiatan Inti.

LITERASI

-          Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menulis tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks dari blog di link berikut ini:

https://muzhidah.blogspot.com/2020/10/gradetwelvexii-unit-5-showingcontrast.html

-          Peserta didik diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

Di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=s7pXb7_Cv-8

CRITICAL THINKING

-          Guru memberikan kesempatan kepada para Peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, mulai dari pertayaan faktual sampai dengan hipotetik tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

-          Pertanyaan Peserta didik harus berkaitan tentang materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubunganpertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

 

COLLABORATION

-          Peserta didik diminta untuk mengumpulkan informasi terkait materi tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

-          Peserta didik bisa mendapatkan informasi dari pengetahuannya sendiri dan juga bertanya pada orang lain/keluarga, atau mencari nya di internet, dll.

COMMUNICATION

-          Peserta didik mempresentasikan/menyampaikan hasil kerjanya, mengemukakan pendapat atas presentasinya tentang materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

-          Peserta didik lain diminta untuk juga menanggapi presentasi/penyampaian.

CREATIVITY

-          Guru dan Peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah didapat dan dipelajari terkait materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

-          Peserta didik kemudian diberikan kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yg belum dipahami terkait materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.

 

3.      Kegiatan Penutup.

-          Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

-          Guru menyampaikan rangkuman/kesimpulan dari materi dan menyampaikan tugas dan rencana pertemuan pembelajaran berikutnya.

4.      Penilaian Hasil Belajar

1.      Penilaian Pengetahuan : Tes tulis, tes lisan, observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan, & Tugas.

2.      Penilaian Keterampilan : Penilaian unjuk kerja, penilai proyek, penilaian produk dan portofolio Peserta didik.

 

Mengetahui                                                                                         JOMBANG, 13 Juli 2020

Kepala Sekolah SMA BUDI UTOMO PERAK                                            Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs. H. BAMBANG WAHYUDI, M.Si                                                      Muzhidah EWNNL, S.Pd

NIP. 19641223 199112 1 001                                                                        NIP. –

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    Penilaian, Pembelajaran 

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.    Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

Soenarto

75

75

50

75

275

68,75

C

2

 

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

 

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100   = Sangat Baik

75     = Baik

50     = Cukup

25     = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00    = Baik (B)

25,01 – 50,00    = Cukup (C)

00,00 –  25,00   = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00    = Baik (B)

25,01 – 50,00    = Cukup (C)

00,00 –  25,00   = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

 

b.   Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

-        Penugasan(Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c.    Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100      = Sangat Baik

75        = Baik

50        = Kurang Baik

25        = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100      = Sangat Baik

75        = Baik

50        = Kurang Baik

25        = Tidak Baik

 

-        Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk(Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

2.      Instrumen Penilaian (terlampir)

a.    Pertemuan Pertama

b.    Pertemuan Kedua

c.    Pertemuan Ketiga

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

A.    MATERI PEMBELAJARAN: https://muzhidah.blogspot.com/2020/10/gradetwelvexii-unit-5-showingcontrast.html

B.     TUGAS HARIAN : https://forms.gle/sba8i4t5Phx3hHnE9

Comments

Popular posts from this blog

Pembahasan Latihan Soal-Soal PAS Ganjil_Short Story_Grade Eleven

PEMBAHASAN LATIHAN SOAL PAS GANJIL_CONTRASTIVE CONJUNCTION_GRADE TWELVE

DISCUSSION TEXT_ FOR GRADE TWELVE