E-LEARNING IMPLEMENTATION PLAN/RPP 2020
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN DARING(RPPD)
Sekolah :
SMA BUDI UTOMO PERAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris (LM)
Kelas/semester :
XII / Ganjil
Materi Pokok : Teks interaksi
transaksional; hubungan pertentangan dan kebalikan
Alokasi Waktu :
4 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Dasar
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however, on the other
hand, in contrast, nevertheless)
4.5 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
B.
Tujuan
Pembelajaran.
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
diharapkan dapat;
1. Mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan
pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.
2. Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan
ungkapan tindakan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks.
3.
Membuat kalimat tindakan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan
konteks.
C.
Media/Alat,
Bahan Dan Sumber Belajar.
1. Media : Google Meet, Google Classroom, Youtube,
Worksheet Lembar Kerja Siswa,Lembar Penilaian.
2. Alat/Bahan : Jaringan Internet, Smartphone, Alat Tulis.
3.
Sumber Belajar : Internet, Youtube, Ebook Bahasa Inggris.
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran.
1. Kegiatan Pendahuluan.
-
Menyampaikan
pengumuman akan adanya E-Learning di grup KBM di whats app
Di link sebagai berikut : https://chat.whatsapp.com/EsS8gqjrQJi5XAsRLkt7qa
-
Pembukaan dengan salam, berdoa untuk memulai
pelajaran, dan guru memeriksa kehadiran peserta didik. Di google classroom di link sebagai
berikut: https://classroom.google.com/c/MTE4OTUwOTIyNDAw?cjc=feuxi2w
-
Menyampaikan metode, motivasi, materi,
kompetensi, tujuan pembejaran yang akan ditempu peserta didik
2. Kegiatan Inti.
LITERASI |
-
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menulis tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan
dan kebalikan sesuai dengan konteks dari blog di link berikut ini: https://muzhidah.blogspot.com/2020/10/gradetwelvexii-unit-5-showingcontrast.html -
Peserta didik diberi tayangan dan bahan
bacaan terkait materi tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan
dan kebalikan sesuai dengan konteks. Di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=s7pXb7_Cv-8 |
CRITICAL THINKING |
-
Guru memberikan kesempatan kepada para
Peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, mulai dari pertayaan faktual sampai dengan hipotetik tentang tindakan memberi dan meminta informasi
terkait hubungan pertentangan dan kebalikan sesuai dengan konteks. -
Pertanyaan Peserta didik harus berkaitan
tentang materi tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubunganpertentangan dan
kebalikan sesuai dengan konteks. |
COLLABORATION |
-
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan
informasi terkait materi tindakan
memberi dan memnta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan
sesuai dengan konteks. -
Peserta didik bisa mendapatkan informasi
dari pengetahuannya sendiri dan juga bertanya pada orang lain/keluarga, atau
mencari nya di internet, dll. |
COMMUNICATION |
-
Peserta didik mempresentasikan/menyampaikan
hasil kerjanya, mengemukakan pendapat atas presentasinya tentang materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan
kebalikan sesuai dengan konteks. -
Peserta didik lain diminta untuk juga
menanggapi presentasi/penyampaian. |
CREATIVITY |
-
Guru dan Peserta didik bersama-sama membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah didapat dan dipelajari terkait materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan
sesuai dengan konteks. -
Peserta didik kemudian diberikan kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yg belum dipahami terkait materi tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan
kebalikan sesuai dengan konteks. |
3.
Kegiatan Penutup.
-
Guru dan Peserta didik membuat
rangkuman/kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
-
Guru menyampaikan rangkuman/kesimpulan dari
materi dan menyampaikan tugas dan rencana pertemuan pembelajaran berikutnya.
4.
Penilaian Hasil
Belajar
1. Penilaian Pengetahuan : Tes tulis, tes lisan, observasi terhadap diskusi
tanya jawab dan percakapan, & Tugas.
2. Penilaian Keterampilan : Penilaian unjuk kerja, penilai proyek, penilaian
produk dan portofolio Peserta didik.
Mengetahui JOMBANG,
13 Juli 2020
Kepala Sekolah SMA BUDI UTOMO PERAK Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. BAMBANG WAHYUDI, M.Si Muzhidah
EWNNL, S.Pd
NIP. 19641223 199112 1 001 NIP.
–
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian
Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek
Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Soenarto |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai
dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah
sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor
dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah
sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika
kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya
ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan
Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah
pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor
dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga
digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian
Jurnal(Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian
dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog
atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan(Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta
didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan
tugas rumah dengan baik
c. Peserta
didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk
mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk
Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari
nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal
dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian
Proyek(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian
Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian
Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.
MATERI
PEMBELAJARAN: https://muzhidah.blogspot.com/2020/10/gradetwelvexii-unit-5-showingcontrast.html
B.
TUGAS
HARIAN : https://forms.gle/sba8i4t5Phx3hHnE9
Comments
Post a Comment